Belajar Jurnalistik dari film



“THE LIFE OF DAVID GALE”

Sutradara:  Alan Parker
Pemain :
1.    Kevin Spacey  ( David Gale )
2.    Kate Winslet  ( Bitsey Bloom )
3.    Laura Linney ( Constance Harraway )
4.    Gabriel Mann ( Zack Stemmons )
5.    Matt Craven ( Dusty Wright )
Tanggal Rilis : 21 Februari 2003

Menceritakan dimana seorang  Profesor filsafat bernama David Gale dari Universitas Austin yang juga seorang pengarang buku ini terbukti bersalah atas kasus pemerkosaan dan pembunuhan sadis terhadap sahabat sekaligus rekannya sesama aktivis, Constance Harraway. Selain menjadi dosen David Gale juga pengarang buku dan  seorang aktivis Deathwatch, yaitu organisasi yang menolak pemberlakuan hukuman mati bagi narapidana. Tapi ironisnya David Gale yang menentang adanya hukuman mati malah terkena vonis hukuman mati.


Menjelang hari-hari terakhirnya, David meminta bantuan seorang wartawan bernama Bitsey Bloom untuk menulis kisah tentang dirinya. Dalam pembicaraannya dengan Bitsey selama 3 hari sebelum eksekusinya pada hari jum’at , David menceritakan segalanya, dari awal dia dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap mahasiswanya sendiri, masalah perceraian dengan istrinya, Sharon Gale dan sampai akhirnya ia harus berakhir di balik terlali besi sampai menunggu ajal tiba. awalnya Bitsey sudah menganggap bahwa David bersalah dalam kasus ini. Namun makin ke belakang, Bitsey berusaha menemukan berbagai fakta yang mendukung kegigihan David untuk membuktikan bahwa pemerintah menghukum orang yang tidak bersalah. Dan ia harus melakukan segala sesuatunya dengan cepat sebelum semuanya terlambat.
Fim ini juga membuat para penontonnya penasaran, terlebih fim ini mempunyai twisted ending, dimana awalnya David Gale seharusnya tidak bersalah karena yang sebenarnya Constance Harraway sudah melakukan bunuh diri tersebut yang dibuat seolah – seolah dia dibunuh, tapi ketika Bloom mendapatkan kiriman yang isinya sebuah kaset rekaman yang setelah itu diputar di ruang AVI, penonton dibuat kaget, karena di video itu terdapat bahwa David juga ikut merekam bunuh diri itu bersama Dusty Wright.
Penjelasan Karakter :
David Gale : seorang profesor filsafat di Universitas Austin, penulis, dan aktivis yang kontra terhadap hukuman mati. Tetapi dia terkena vonis hukuman mati karena dituduh melakukan pembunuhan dan pemerkosaan terhadap rekannya sesama aktivis, Constance Harraway.
Bitsey Bloom : Seorang Jurnalis yang menulis kisah tentang David Gale, awalnya dia menganggap David adalah pelaku dibalik kasus pembunuhan dan pemerkosaan Constance Harraway, tapi menjelang hukuman mati David dan setelah mendengar cerita dari David, dia berusaha menemukan fakta bahwa David tidak bersalah, kegigihannya dalam membela David sebagai narasumber memperlihatkan tugas utama seorang jurnalis yang tidak mementingkan hati nuraninya sendiri. Dan juga demi mendapatkan fakta itu, dia hampir meninggal kehabisan nafas karena melakukan reka ulang terbunuhnya Constance Harraway di TKP yang menjadi David Gale Death House Museum.
Zack Stemmons : rekan Bitsey Bloom yang membantu mengungkap fakta bahwa David Gale tidak bersalah, walau awalnya dia tidak terlalu peduli dalam pencarian fakta bahwa David Gale tidak bersalah. Tapi sama seperti Bitsey, setelah menemukan beberapa fakta, dia akhirnya ikut secara gigih dalam mencari fakta – fakta lainnya bahwa David Gale tidak bersalah.
Constance Harraway : rekan David Gale sesama aktivis anti hukuman mati bagi para narapidana yang menjadi korban pembunuhan dan pemerkosaan di film ini. Tetapi setelah penyelidikan yang dilakukan oleh Bitsey dan Zack, ternyata Constance membuat video yang seolah – olah dia dibunuh, tetapi sebenarnya dia melakukan bunuh diri yang dibantu oleh Dusty Wrigth dan David Gale.
Dusty Wright : orang kepercayaan Constance yang membantu dalam membuat rekayasa pembunuhan Constance Harraway.
Nilai – Nilai Jurnalistik dalam film ini :
Nilai dari seorang jurnalis yang paling terlihat dari film adalah, Bitsey Bloom dengan gigih mencari fakta –fakta yang membuktikan bahwa David Gale tidak bersalah kepada publik, sampai dia harus mempertaruhkan nyawanya dalam reka ulang terbunuhnya Constance (seek the truth) dan yang pasti dia benar – benar mengutamakan narasumbernya dibanding dirinya sendiri. Tetapi Bitsey juga melanggar salah satu kode etik dalam bertanya kepada narasumber,  yaitu Question of Privacy, terlihat dimana saat Bitsey menanyakan tentang mantan istri David Gale, David langsung menolak untuk menjawab pertanyaan tentang mantan istrinya (Sharon Gale) atau anaknya (Jamie).

0 komentar:

Posting Komentar