GUNDAM

The Past and The Present

    Gundam, adalah film animasi tentang robot atau mecha yang dibuat oleh studi Sunrise di Jepang. animator dari film Gundam adalah Yoshiyuki Tomino  dan Hajime Yatate. Film animasi Gundam bukanlah film animasi baru di dunia, film animasi Gundam dibuat pada tahun 1979. Dari tahun 1979, film Gundam terus dikembangkan hingga sekarang dan menciptakan berbagai seri Gundam. pada tahun 2009 kemarin, sunrise membuat sebuah perayaan, untuk memperingati umur film animasi Gundam yang ke 30 tahun. 
Logo Gundam 30th Anniversary.


    pada momen ini, pihak studio sunrise ingin memperlihatkan kembali kepada publik tentang perkembangan film Gundam dari tahun 1979, selain itu mereka juga membangun Gundam raksasa di taman Shiokaze Park di Odaiba Tokyo, yang selesai pada 11 Juli 2009 yang lalu. 
Gundam Raksasa di Taman Shiokaze, Tokyo.




    Film animasi atau anime (sebutan untuk film animasi di Jepang) seri Gundam, bukanlah film untuk anak - anak semata. di dalam film ini ada beberapa hal yang "berat", anime Gundam tidak saja menceritakan tentang sebuah robot raksasa yang diciptakan untuk menghadapi perang, dipiloti oleh pilot yang keren, melindungi warga sipil yang tidak bersalah dan mengalahkan musuh. ada banyak konflik yang terjadi di film Gundam. Kita bisa mengambil contoh satu anime Gundam yang dibuat tahun 2009 yang lalu, yaitu seri Gundam OO. dalam seri ini menceritakan sumber daya alam yaitu minyak semakin berkurang di bumi sehingga terjadi peperangan untuk merebut daerah penghasil minyak. Dari perang ini, tidak sedikit korban yang berjatuhan, baik dari pihak tentara maupun warga sipil. 

Tidak ada pihak yang berinisiatif untuk mengalah menyebabkan perang menjadi masalah yang berlarut – larut dan tidak dapat dipadamkan dengan mudah. Diplomasi dan politik kemudian dijadikan alternatif lain untuk menyelesaikan perang melalui jalan damai. Tetapi, diplomasi dan politik tidak jarang digunakan untuk memperluas kekuasaan secara terselubung. Alhasil, diplomasi dan politik kini hanya hanya menjadi alat untuk mengobarkan perang yang baru.
Kejamnya peperangan dirasakan oleh tokoh utama di film Gundam OO, yaitu Soran Ibrahim yang masih berumur 10 tahun. Dia harus ikut berperang demi melindungi negaranya yaitu Kurdish yang menjadi perebutan karena sumber minyaknya, peperangan ini tidak seimbang, karena dari pihak kurdish hanya dipersenjatai senjata yang tidak telalu canggih, sedangkan dari pihak musuh dipersenjatai robot raksasa atau disebut dengan Mobile Suit. Akibatnya, banyak korban berjatuhan dari pihak kurdish, baik itu orang dewasa maupun anak kecil yang ikut berperang. Soran ibrahim yang menjadi satu – satunya orang yang masih bertahan dan terdesak di kepungan musuh, tiba – tiba diselamatkan oleh Gundam yang bernama O Gundam. Sejak penyelamatan itu, Soran Ibrahim bergabung dengan organisasi rahasia yang dipersenjatai dengan Gundam dengan misi utama yaitu menghentikan peperangan, dan mengganti namanya menjadi Setsuna F seiei.
Bila kita melihat ulasan diatas, konflik yang ada di dalam film ini cukup berat , apalagi konflik yang dialami oleh tokoh utama yaitu Soran Ibrahim. Di umurnya yang baru 10 tahun dia harus memegang senjata, berperang dan membunuh.
Dari tahun 1979 sampai sekarang sudah banyak sekali seri Gundam yang dibuat.yaitu :









Selain film, terdapat juga game dan pramodel Gundam (di Jepang sering disebut dengan gunpla (Gundam Plastic model).






0 komentar:

Posting Komentar